Trending Template

Pages

Minggu, 17 November 2013

Usaha ikan hias

Usaha ikan hias – Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai usaha ikan hias. Sekilas mengingat kejayaan usaha ikan hias beberapa tahun yang lalu, yang sempat tenar dengan adanya ikan lauhan kemudian disusul ikan arwana. Pada tahun ini usaha ikan hias dapat dibilang cukup bagus, salah satu ikan yang paling popular saat ini adalah ikan koi dan juga ikan mas koki. Jika dilihat  memang tidak sedikit orang yang mengembangkan usaha ikan hias, dan tidak sedikit pula orang yang telah berhasil dalam usaha
ikan hias ini. Peluang usaha ikan hias masih tetap terbuka karena dari hari ke hari peminat ikan hias juga makin bertambah.
Dalam mengembangkan usaha ikan hias tergolong mudah, semua orang dapat melakukannya dari dari anak-anak sampai orang yang sudah tua. Jika kita serius menekuni usaha ini sebenarnya kita dapat memperoleh hasil yang sangat besar. Untuk pemasarannyapun tergolong mudah, dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas.
Terdapat dua jenis ikan hias yaitu, ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Tetapi kebanyakan para pebisnis ikan lebih banyak memilih ikan air tawar sebagai usahanya. Karena pada dasarnya ikan hias air tawar ini lebih mudah dibandingkan dengan yang di air laut.
Ada beberapa jenis ikan hias air tawar seperti ikan mas koki populer. Dan contoh ikan hias air tawar yang lain yaitu Ikan oskar, ikan louhan, ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, dan masih banyak lagi jenis-jenis ikan hias air tawar.
ikan hias guupy
ikan hias guupy
Tahapan dalam menjalankan usaha ikan hias, antara lain :
  •     Pemilihan lokasi
Lokasi untuk menjual ikan hias ini tergolong mudah, jika kita tidak memiliki tempat yang luas untuk memasarkan, kita dapat menggunakan teras rumah sebagai tempatnya, dan yang paling penting tempatnya yang strategis.
  •      Target pemasaran
Target pemasaran adalah hal yang terpenting dalam melakukan seatu usaha, karena jika kita kurang tepat memilih target pemasaran, kita akan kesulitan untuk memasarkan. Jika itu terjadi maka akan berpengaruh terhadap penghasilan kita lama kelamaan akan terjadi kebangkrutan dan akhirnya gulung tikar. Maka dari itu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah target pemasaran.
  •     Perlatan
Perlatan yang diperlukan dalam berbisnis ikan hias ini bermacam-macam. Contohnya seperti Akuarium, aksesoris, pompa, filter, dan lain-lain.
  •     Jenis-jenis ikan
Jenis ikan ini harus ditentukan terlebih dahulu dan harus sesuai dengan target pemasaran kita. Jika kita menetapkan target pemasaran kita kepada kalangan menengah ke bawah, kita dapat menjual ikan-ikan hias seperti ikan cupang, ikan koki, ikan koi. Jika ingin menetapkan kepada kalangan menengah ke atas, kita dapat menjual ikan Louhan , ikan arwana, ikan discus dan lain-lain.
Demikian sekilas mengenai usaha ikan hias, jenis-jenis ikan hias, dan tahapan memulai usaha ikan hias. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Blogroll

number navigation

Free Backlinks