Trending Template

Pages

Minggu, 17 November 2013

Untung besar berternak lovebird

untung besar berternak lovebird

Untung besar berternak lovebird – Dewasa ini banyak sekali permintaan akan burung cinta atau lovebird, banyak yang beralasan membeli karena keindahan bulunya dan ada juga yang karena kicauannya yang sangat unik. Dengan permintaan yang semakin hari semakin meningkat, para pedagang burung lovebird sampai harus mengimport burung ini dari luar negeri. Jenis lovebird yang banyak digemari karena warnanya yang menarik berasal dari Belanda.  Karena banyaknya permintaan lovebird memiliki
peluang usaha yang sangat menjanjikan. Love bird merupakan burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan burung ini bersifat sosial. Burung cinta secara umum mempunyai tinggi 13 sampai 17 cm dan berat sekitar 40 sampai 60 gram, berekor pendek dan berparuh besar, berwarna bervariasi.
love bird  adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani “agape” yang berarti “cinta” dan “ornis” yang bearti “burung”). Mereka di beri nama love bird karena melihat dari tingkah laku mereka yang secara umum suka duduk berdekatan dan saling menyayangi.
untung besar berternak lovebird
untung besar berternak lovebird
Tahap berternak lovebird
Tahap sebelum memulai beternak Lovebird, seharusnya kita membedakan dulu antara lovebird jantan dengan lovebird betina. Secara warna dan fisik, love bird susah untuk diketahui jenis kelaminnya.jka kita ingin mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina  Cara yang paling gampang adalah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul. Untuk para peternak lovebird pemula sistem koloni sangat dianjurkan  jika masih belum bisa membedakan jenis kelamin lovebird. Pada sistem koloni lovebird akan mencari pasangannya masing-masing, langkah yang harus kita lakukan menyiampak kandang untuk perkawinan lovebird setelah lovebird mendapatkan  pasangan. Kandang ini dinamakan kandang indukan, usahakan letak kandang jauh dari kebisingan agar lovebird lebih tenang untuk berreproduksi. Gunakan  kandang dengan ukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 80 cm, untuk bertelor dan mengeram siapkan glodok atau kotak sarang yang terbuat dari papan dengan ketebalan sekitar 2 cm, dengan ukuran XLXT = 15 CM x 20 cm x 25 cm, dan diisi dengan kulit jagung yang sudah di keringkan, serbuk kayu dan lain sebagainya.
Love bird yang bagus untuk indukan adalah lovebird yang sudah berumur diatas 10 bulan sampai 2,5 tahun, karena jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun biasanya tidak terlalu produktif, dan juga jika terlalu muda presentase keberhasilan mengerami lebih kecil. Untuk makanan tambahkan makanan ekstra seperti sawi, toge, kwaci dan jagung muda untuk memicu birahi burung, dengan perawatan yang baik, Lovebird bisa hidup 10 hingga 20 tahun.
love bird umumnya bertelur sekitar 4 – 6 butir,dan dierama selama 21 hingga 23 hari, setelah menetas love bird jantan dan betina bergantian menyuapi anaknya sampai anak burung bisa makan sendiri.  Untuk lebih mengoptimalakan proses produksi sebaiknya peternak mengambil anakan love bird dan menyuapinya, hal ini dilakukan agar nutrisi yang diterima anakan lovebird lebih terkontrol dan untuk indukannya sendiri bisa segera bereproduksi kembali. Letakkan anakan lovebird dikotak kecil yang diberijerami kering ataupun serpihan kayu, kemudian beri lampu bohlam 5 watt sebagai penghangat, untuk makananannya kita siapkan bubur susu untuk bayi yang di campur dengan air hangat dan diberikan setiap 2 jam sekali, setelah berumur 3 – 4 minggu kita kenalkan dengan jenis makanan lain seperti millet, buah buahan dan sayur sayuran.  agar induknya bisa kembali bereproduksi maka anak burung yang sudah bisa makan sendri segera pindahkan ke sangkar lain.
untung besar berternak lovebird
untung besar berternak lovebird
Sebagai gambaran singkat mengenai untung dan rugi usaha ini berikut contoh perhitungannya:
Pembelian 2 pasang lovebird pastel kuning indukan              Rp 7.000.000
Biaya pemeliharaan 3bulan                                                     Rp 600.000
Perkiraan setelah  masa 3bulan lovebird indukan menetaskan masing-masing anakan sebanyak 3 ekor jadi 2 pasang indukan menghasilkan 6 ekor anak.
Biaya pemeliharaan anakan selama 2 bulan                            Rp 600.000
Setelah 2 bulan anakan sudah dapat makan sendiri dan dapat dijual,
Penjualan 6ekor pastel kuning @ Rp 900.000                        Rp 5.400.000
Keuntungan = Rp 5.400.000- Rp 600.000 – Rp 600.000 = Rp 4.200.000
Diatas hanya estimasi mengenai banyaknya anakan lovebird yang menetas bervariasi tergantung kualitas indukan. Tidak perlu ragu untuk memulai usaha ini karena usaha ternak lovebird menjanjikan untung besar.
 
Demikian sekilas tentang untung besar berternak lovebird, baca juga harga lovebird terbaru semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba usaha ini.
Â

0 komentar:

Blogroll

number navigation

Free Backlinks